Segmentasi pasar konsumen
Produk Handphone
DEMOGRAFI
· Dari segi umur
Rata-rata yang memiliki produk ini dari yang masih kecil hingga dewasa. Karena produk handphone ini sudah gampang ditemukan dan dibeli sehingga tingkat penggunanya pun meningkat. Harganya bisa dibilang cukup terjangkau dari yang berpenghasilan rendah hingga tinggi. Seperti contohnya produk hp.nexian
· Dari segi jenis kelamin
Dari semua jenis kelamin bak laki-laki maupun perempuan sama-sama menyukai produk nexian, produk ini juga banyak saya temui di counter-counter hp, mall dan gallery-galerynya.
· Pendapatan
Dari segi pendapatan rata-rata konsumen yang berpenghasilan rendah s/d yang tinggi dengan mudah mendapatkan produk nexian.
· Status perkawinan
Kalau dilihat dari status perkawinan, semua golongan sangat menyukai produk nexian ini dimulai dari yang lajang, sudah menikah, anak sd/smp/sma/kuliah.
· Pendidikan
Dari segi pendidikan semua golongan menyukai produk nexian ini tidak heran dari anak-anak muda sampai orang tua menginginkan produk tersebut.
· Pekerjaan
Dari segi pekerjaan rat-rata yang memiliki handphone nexian ini mempunyai pekerjaan dari buruh, guru, karyawan, kuli, pelajar, mahasiswa/I dll.
Dari kesimpulan diatas dari segi umur, jenis kelamin, pendapatan, status perkawinan, pendidikan serta pekerjaan dapat digolongkan dari low management s/d top manajement.
PERILAKU KONSUMEN
· Manfaat yang didapat
Manfaat yang didapat dari produk nexian ini adalah harganya yang terjangkau oleh rata-rata pendapatan masyarakat. Dan produknya yang digemari/disukai oleh masyarakat dari anak-anak muda sampai orangtua.
· Kesetiaan merk
Dari segi kesetiaan merk, semua masyarakat mempunyai kesetiaan terhadap produk nexian ini meskipun produk ini belum lama beredar dimasyarakat.
· Tingkat penggunaan
Tingkat penggunaan sangat tinggi dibandingkan dengan merk lain. Faktanya dapat dilihat dipasaran begitu banyak masyarakat mengunakan handphone nexian.
KARAKTERSTIK KEPRIBADIAN KONSUMEN
· Kebutuhan akan kesadaran
Masyarakat yang berpenghasilan rendah dapat memiliki produk nexian ini karena harganya yang relative murah dibandingkan ponsel merk yang lain.
BUDAYA
· Kebiasaan
Kebiasaan yang bisa dianut masyarakat kita adalah ketika setiap ada produk yang baru ingin membeli produk baru tersebut yang bisa dibilang mengikuti trend itulah kebudayaan orang Indonesia (manusia) yang tiada puasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar